Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Mushala di Rumah: Lebih Indah



Cahaya di mihrab itu bersumber dari lampu selang yang disembunyikan di balik dinding gipsum. Sumber cahayanya sengaja disembunyikan (indirect lighting), selain untuk memberikan kesan berbeda juga dimaksudkan untuk mencegah silau pada mata.

Permainan cahaya di dinding mihrab ini mampu membuat musala tampil beda. Bahkan menurut pemiliknya, ketika malam tiba dan semua lampu dimatikan kecuali lampu pada musala, kehidmatan solat akan lebih terasa.

Selain lampu pada mihrab, di musala ini terdapat juga pencahayaan general (general lighting), berupa lampu downlight tanam di tengah-tengah plafon. Lampu ini dibuat karena selain untuk salat, tempat ini dipakai juga untuk belajar mengaji. Di sisi sebelah kanan terdapat lampu sorot halogen yang ditujukan untuk menonjolkan keindahan lukisan.

Penuh Falsafah
Ternyata, tata cahaya yang diberikan di musala ini didasarkan pada banyak falsafah. Ir. Arwin Amir, desainer pencahayaan sekaligus pemilik musala ini, mengkonotasikan cahaya dengan segala sesatu yang baik, yang memberi kemuliaan. Ia memberi alasan, dalam kisah-kisah, sesuatu yang mulia dan yang baik pasti selalu digambarkan dengan cahaya.

Nah, ketika salat orang berusaha menuju ke arah yang baik dan mulia. Karena itulah, permainan cahaya diadakan di dinding mihrab, dengan pertimbangan ketika salat orang akan menghadap ke sana.

Letak cahaya yang di atas, bawah dan tengah juga ada falsafahnya. Menurut Arwin, orang harus fokus dalam menuju pilihan hidupnya, baik menuju ke atas (ke hadapan Pencipta) maupun ke bawah (ke sesama manusia). Jalan ke atas dan ke bawah itu ia simbolkan dengan cahaya ke atas dan ke bawah mihrab, sedangkan fokus itu disimbolkan dengan cahaya pada ceruk di tengah dinding.

Lukisan yang digantung di sisi sebelah kanan musala ternyata juga mengandung cerita tersendiri. Di tiga lukisan itu terdapat bintang, matahari dan bulan, yang sering dianalogikan dengan keislaman. 
Sumber : Tabloid Rumah & Kompas


Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi
Terima kasih telah membaca artikel tentang Mushala di Rumah: Lebih Indah di blog Bangun Renovasi Rumah Cheria jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Artikel Terpopuler