Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Arsitek Muslim Intelektual Perintis Taj Mahal


Arsitek Muslim Intelektual Perintis Taj Mahal



Arsitek Muslim Intelektual Perintis Taj Mahal

Menyebut India, maka dalam benak kita akan teringat dengan tarian khasnya yang terkenal erotis. Selain itu, juga terkenal dengan Film-film produksi Bollywood yang banyak digemari diseantero dunia. Dalam dunia wisata India memiliki ikon yang sangat termasyur sebagai salah satu keajaiban dunia, yaitu TAJ MAHAL yang berada di tepi Sungai Yamuna, Agra.

Taj Mahal merupakan bangunan indah yang dibuat di Jaman Pemerintahan Mughal, penguasa islam di India. Bangunan ini didirikan pada abad 16 oleh Raja Shah Jahan (berarti Raja Dunia) yang lahir pada 5 Januari 1592 dan mempunyai nama asli shahbuddin Mohammed Shah Jahan. Dia merupakan putra dari Raja Jahangir dan Ratu Rajput.

Saat berusia 20 Tahun Shah Jahan telah menikah untuk yang kedua kalinya. Istri keduanya ini bernama Arjumand Banu Begum, dan setelah menikah namanya diganti menjadi Mumtaz Mahal atau juga dikenal dengan Mumtaz-ul-Zamani. Dari pernikahan mereka dikarunai anak berjumlah 14 orang.

Shah Jahan dikenal sebagai seorang yang keras dan kejam. Bahkan saat terjadi prahara dalam rezim Jahangir, Shah Jahan membunuh saudara kandungnya sendiri untuk mewujudkan keinginannya menduduki tahta kerajaan. Akhirnya pada tahun 1622, Shah Jahan secara resmi menjadi pemimpin Negeri India.

Sembilan tahun setelah Shah Jahan bertahta, Mumtaz Mahal menghembuskan nafas terakhir selepas melahirkan anak ke-14 yang bernama Gauhara Begum, dalam usia 39 tahun. Shah Jahan merasa sangat sangat sedih dan kehilangan atas kepergian isterinya untuk selama-lamanya. Dan karena rasa cintanya yang begitu besar maka pada tahun 1631, Shah Jahan mendirikan monumen khusus sebagai tempat persemayaman terakhir isterinya di tepi Sungai Yamuna, Agra. Yang kemudian diberi nama TAJ MAHAL.

Pembangunan Taj Mahal ditangani oleh 3 orang arsitek dari Persia, Italia dan Perancis. Dikerjakan oleh 20.000 orang yang terdiri dari tukang batu, ahli emas dan pengukir kaligrafi hebat dari seluruh penjuru bumi. Mereka dipimpin oleh seorang arsitek muslim kenamaan dijaman itu bernama Ustac Isa Khan Efendi .

Taj Mahal dibangun dengan ukuran 60X60 meter dengan ketinggian 60.5 meter. Bahan dasar bangunan menggunakan barang-barang berkwalitas nomor satu, seperti batu marmer yang didatangkan khusus dari Makrana, batu-batu mulia seperti kristal, berlian, jade, nilam dan topaz diimport dari luar India. Kubah makam merupakan hasil karya dari Ismail Khan, dan disekeliling makam dihiasi Karpet Persia, lampu dan Kendil Emas.

Taj Mahal dibangun selama 23 tahun (1630-1653) dengan menghabiskan biaya tak kurang dari Rp. 1,92 triliun menurut hitungan sekarang.

Taj Mahal telah menjadi saksi kecintaan Syah Jahan terhadap isterinya, sekaligus telah menjadi ikon baru di India dan telah menjadi warisan Dunia bagi generasi berikutnya. Namun dibalik kemegahan yang kita lihat, ternyata Taj Mahal juga menyimpan sebuah egoisme dari seorang Syah Jahan.

Setelah Taj Mahal berdiri dengan megah dan menakjubkan, Shah Jahan tidak ingin ada orang lain yang membangun dan memiliki bangunan seperti Taj Mahal. Untuk memenuhi ambisi itu, dia telah melakukan perbuatan yang keji dengan memotong tangan kanan seluruh pekerja yang terlibat dalam pembangunan Taj Mahal. Pemimpin proyek pembangunan, Ustad Isa dari Turki dihukum pasung agar tidak membuat proyek serupa ditempat lain.

Perjalanan waktu akhirnya datang juga saat jatuhnya Shah Jahan. Diakhir kekuasaannya seakan Shah Jahan menerima karma atas semua perbuatannya. Pada tahun 1657 dia digulingkan oleh anaknya sendiri yang bernama Aurangzeb, hampir sama dengan cara-cara Syah Jahan dalam merebut kekuasaan di waktu lampau. Pada usianya yang sudah 65 tahun, dia dimasukkan ke penjara Kubu Merah yang letaknya tidak begitu jauh dari Taj Mahal.

Sungguh suatu akhir hidup yang kelam. Saat Shah Jahan dalam penjara, dari 15 anaknya hanya Jahanara, anak perempuan tertuanya yang setia menemani hingga dia menjadi semakin lemah dan akhirnya pada tahun 1666, setelah 9 tahun dibalik jeruji besi, Shah Jahan meninggal di usia 74 tahun.


TAJ MAHAL KINI

Taj Mahal telah menjadi Ikon bagi Masyarakat India. Meski telah berusia 377 tahun masih terlihat kemegahan dan semakin termasyur sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Hanya dengan 100 rupee ( sekitar Rp. 24.000 ), pengunjung bisa memasuki komplek Taj Mahal untuk menyaksikan keagungannya. Begitu menjejakkan kaki di gerbang utama atau The Darwaza, wisatawan langsung melihat taman atau Bageecha yang indah dengan kolam-kolam airnya. Selanjutnya, nampak berdiri kokoh Taj Mahal dengan 4 menara dan 4 kubah. Ruangan utama hanya berisi dua makam yang dikelilingi pagar dengan lubang-lubang kecil. Seluruh ornament tersebut dari batu pualam tanpa potongan kayu sedikitpun. Di sekitar pintu depan yang terbuat dari batu hitam ditulisi kaligrafi ayat-ayat al Quran. Di sebelah kiri dan kanan Taj Mahal terdapat masjid dan Guest House atau The Naqqar Khana.

Untuk memasuki kompleks Taj Mahal pengunjung diwajibkan melepaskan alas kaki sebelum melangkah ke dalam. Atau pengunjung bisa menggunakan kendaraan listrik yang telah disediakan oleh pengelola.

Seiring dengan waktu, bangunan bersejarah itu juga mulai menua. Beberapa bagian telah mengalami perubahan dan kerusakan, diantaranya :
- Warna marmer yang semula putih bersih telah berubah menjadi kuning, diakibatkan polusi dan partikel-partikel udara yang telah mengendap di marmer.
- Hasil penelitian pemerintah colonial Inggris pada tahun1940, menyebutkan bahwa keempat menara Taj Mahal telah mengalami kemiringan 11,4 cm. Dan diperkirakan setiap 25 tahun kemiringan ini kan bertambah 1,3 cm.

Sumber : gizholiday.blogspot.com



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872


Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Terima kasih telah membaca artikel tentang Arsitek Muslim Intelektual Perintis Taj Mahal di blog Bangun Renovasi Rumah Cheria jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Artikel Terpopuler