Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Arsitek UI Jebolan Berperan dalam Pembangunan Ibukota

Arsitek Jebolan UI Berperan dalam Pembangunan Ibukota


Arsitek Jebolan UI Berperan dalam Pembangunan Ibukota


Foto: Dok./beritajakarta.com

Kesempatan untuk ikut membangun Ibukota akan terus dibuka selebar-lebarnya bagi seluruh alumni dari Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Indonesia (UI), yang saat ini telah menjadi arsitek. Hal itu karena arsitek lulusan UI sudah menjadi ahli dalam hal membangun, dan kemampuanya tidak perlu diragukan lagi.

"Silahkan bangun Jakarta ini lebih baik, saya percaya lulusan UI adalah ahlinya. Coba kita lihat, hampir seluruh bangunan Jakarta mulai dari tempat hiburan seperti Taman Mini Indonesia Indah, sampai gedung bioskop dibangun oleh arsitek dari UI, belum lagi ratusan gedung-gedung lainya," ujar Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo saat menghadiri peluncuran dan pameran Arsitektur 4 Dekade UI di Galeri Nasional Indonesia Jl Medan Merdeka Timur, Sabtu (29/3).

Menurut Gubernur, pihaknya sebelum merancang suatu pembangunan, terlebih dulu akan mengadakan sayembara, dan melalui sayembara itulah para arsitek dari UI bisa ikut. "Saya akan lebih banyak lagi membuat sayembara-sayembara rancangan pembangunan,"katanya.

Gubernur berharap agar para arsitek dari UI dapat menghadapi tantangan untuk memecahkan masalah bangsa dalam bidang pembangunan, khususnya perumahan rakyat. "Wakil Presiden Jusuf Kalla pernah mengemukakan tentang apa yang bisa dilakukan para arsitek Indonesia guna menyelesaikan masalah perumahan yang saat ini menjadi permasalahan yang krusial, khususnya di kota besar seperti Jakarta. Itu adalah tantangan yang harus dihadapi para arsitek dan kita semua untuk membangun perumahan yang selain murah dan terjangkau bagi rakyat juga ramah lingkungan," ungkap Gubernur.

Sementara itu Ketua Departemen Arsitektur Universitas Indonesia, Kemas Ridwan Kurniawan mengatakan, jika pameran 4 Dekade Arsitektur dan peluncuran buku tersebut merupakan sebuah momentum penting dalam sejarah perjalanan arsitektur di Indonesia, karena bukan hanya isi karya-karya yang sudah dipamerkan didalamnya yang memuat kilasan perkembangan pemikiran dari para praktisi arsitektur dari generasi tahun 60-an sampai generasi baru tahun 2000-an saja, tapi juga memperlihatkan hubungan yang erat antara dunia akademik dan profesional. Isi buku adalah perjalanan sejarah karya danulasan sistempendidikan UI selama 43 tahun.

"Pameran dan peluncuran buku ini diharapkan menjadi salah satu media penting bagi masyarakat untuk melihat 4 dekade perkembangan arsitektur di Indonesia. Dan kegiatan ini diharap juga bisa menjadi inspirasi bagi kegiatan-kegiatan kreatif lainya di masa datang," katanya.

Dalam kesempatan itu Gubernur menyempatkan diri melihat-lihat pameran yang telah digelar sejak tanggal 19 Maret hingga 29 Maret 2008 tersebut. Isi pameran sendiri diantaranya, gambar-gambar hasil karya arsitek UI seperti Mei Mumpuni yang telah mengarsiteki pembangunan Bandar Udara Adisucipto serta arsitek-arsitek lain seperti Aditya Pitrianto serta Anita Pramesti.

Selain itu Gubernur juga menuliskan kesan-pesanya pada papan yang disiapkan panitia, isi kesan dan pesan gubernur berbunyi pameran 4D merupakan rangakaian hasil karya yang membanggakan, dan semoga di waktu mendatang kualitas arsitek UI semakin mewarnai arsitektur di Indonesia.

Sumber : beritajakarta.com



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi
Terima kasih telah membaca artikel tentang Arsitek UI Jebolan Berperan dalam Pembangunan Ibukota di blog Bangun Renovasi Rumah Cheria jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Artikel Terpopuler