Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Model rumah sederhana

Model rumah sederhana 

kini menjadi salah satu jenis rumah yang banyak dipilih oleh masyakarat. Hal ini khususnya oleh mereka yang berasal dari keluarga muda dan tinggal di kawasan yang padat penduduk. Kalangan ini lebih mengutamakan fungsi sebuah rumah, daripada mengedepankan penampilan. 

Sebuah model rumah sederhana biasanya hanya terdiri dari bangunan-bangunan yang memiliki fungsi utama saja. Seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur dan ruang dapur. Selain itu, ukuran dan penyusunannya pun dibuat tanpa menggunakan ornamen hiasan yang rumit, sehingga lebih mengedepankan kesan minimalis.

Konsep rumah seperti ini kini banyak terlihat khususnya di kawasan perumahan menengah dan sederhana. Sebab, selain karena masalah keterbatasan biaya, rumah dengan konsep sederhana ini menjadikan harga jualnya lebih murah dan lebih terjangkau oleh masyarakat. 

Meski demikian, bukan berarti model rumah sederhana hanya ada di kawasan perumahan. Banyak juga pemilik rumah yang tidak tinggal di perumahan, juga menggunakan konsep rumah sederhana pada saat membangun rumah.

Selain itu, sesuai dengan program pemerintah tentang Keluarga Berencana, model rumah sederhana ini sekiranya sesuai bagi keluarga yang melaksanakan program tersebut. Sebab, dengan rumah yang memenuhi konsep fungsional tersebut, sebuah rumah tidak akan nampak kosong. Hal ini dikarenakan setiap bagian rumah akan nampak hidup dengan fungsi masing-masing. 

Kelebihan Model Rumah Sederhana 

Model rumah sederhana banyak dipilih oleh masyarakat pada akhir-akhir ini, karena jenis rumah ini memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dengan membuat model rumah sederhana diantaranya adalah : 
  1. Jenis model rumah sederhana akan lebih mudah dalam perawatan sehari-hari. Sebab, bagian-bagian rumah tidak dipenuhi dengan ornamen tertentu yang membutuhkan perawatan dan penanganan khusus. 
  2. Pembuatan sebuah rumah sederhana tidak akan memakan biaya yang cukup besar. Sebab, bagian-bagian yang dibuat lebih condong karena adanya kebutuhan fungsional dan bukan mengedepankan pada konsep sudut pandang. Selain itu, sisi biaya juga bisa dihemat pada proses pembuatannya, karena tidak memerlukan orang yang memiliki spesialisasi tersendiri. Hal ini berbeda jika kita menginginkan sebuah rumah yang berkonsep tertentu sehingga membutuhkan tenaga ahli untuk membuatnya. Seperti rumah yang terdapat taman dan kolam yang bisa mengalirkan air. 
  3. Bagi masyarakat perkotaan, membuat rumah sederhana merupakan salah satu cara untuk menyiasati masalah keterbatasan lahan. Sehingga, dengan dibuat sederhana, maka sebuah rumah bisa memenuhi semua fungsi utamanya. Selain itu, akan memudahkan jika suatu saat rumah tersebut hendak direnovasi seperti dibuat bertingkat. 
  4. Dari sisi pajak, sebuah model rumah sederhana juga akan lebih murah dalam kewajibannya untuk membayar pajak dalam pajak bumi dan bangunan. Hal ini berbeda dengan konsep rumah yang dibuat dengan mewah, seperti pada bangunan bertingkat. 
  5. Sebuah rumah sederhana, akan mampu dikonsep secara ringkas sehingga bisa diperoleh sisa lahan. Kebutuhan lahan hijau ini sangat penting, khususnya untuk menciptakan kondisi rumah yang sejuk jika ditanami pepohonan. Selain itu, ruang kosong yang tersisa bisa bermanfaat sebagai media untuk tempat resapan air pada saat hujan, sehingga mencegah air serta untuk menyimpan cadangan air tanah alami.
Sumber : anneahira.com

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi
Terima kasih telah membaca artikel tentang Model rumah sederhana di blog Bangun Renovasi Rumah Cheria jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Artikel Terpopuler