Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Tips Cerdas Membuat Rumah Idaman Anda

Inspirasi dalam Membangun Rumah Idaman - Ada 2 cara untuk memiliki sebuah rumah idaman, membeli rumah yang sudah jadi atau membangun rumah dari awal. Jika anda memutuskan untuk membuat rumah dari awal, ini bukanlah hal yang mudah, karena untuk mendapatkan rumah yang sesuai dengan selera dan impian kita, harus mempertimbangkan 2 faktor penting yaitu faktor kebutuhan dan faktor anggaran dan menyeimbangkan kedua faktor tersebut dengan sebuah perencanaan. Berikut ini 9 tips cerdas untuk membangun rumah idaman anda : 

Membangun Rumah Idaman


 1. Tentukan Gaya Desain Rumah Anda 
Hal pertama yang harus anda lakukan dalam membangun rumah idaman anda adalah menentukan gaya desain rumah idaman anda. Sekarang banyak gaya desain rumah yang ditawarkan para arsitek, misalnya desain minimallis, desain modern, desain eropa dan sebagainya. 

 2. Buatlah Daftar Desain Rumah Anda 

Ketika membuat daftar dari desain rumah anda, mulailah dari hal yang paling dasar seperti jumlah kamar tidur, jumlah kamar mandi, jumlah ruang keluarga, pilihan ruang makan formal atau semi formal, desain teras, ukuran garasi dan lain-lain.

3. Konversikan Daftar Desain Rumah Menjadi Anggaran Keuangan

Setelah daftar desain rumah anda selesai, bandingkan dengan anggaran keuangan yang anda punya, hal ini biasanya sangat sulit karena rata-rata biasanya ekspektasi desain rumah kita melebihi anggaran yang tersedia, hal ini sering terjadi pada orang yang baru pertama kali membangun rumah. Hal ini bisa anda atasi dengan berkonsultasi dengan arsitek atau orang yang lebih berpengalaman dalam pembangunan rumah. 

 4. Sesuaikan Desain Rumah dengan Kondisi Tanah Anda 

Setiap tanah unik, maksudnya adalah setiap tanah atau lahan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Akan lebih bijaksana jika anda menyelaraskan desain rumah anda dengan kondisi tanah anda. 

5. Maksimalkan Efisiensi Ruangan Anda 

Ketika memetakan desain ruangan lantai anda, desainlah secara logis. Berikut beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan dalam proses ini : 

  • Desain akses langsung ke dapur dari garasi 
  • Desain semua pipa Anda dalam satu area, hal ini untuk mengurangi jarak pipa 
  • Tempatkan ventilasi pemanas dan sistem pendingin udara secara sentral, yang memungkinkan untuk keseimbangan suhu yang lebih baik di seluruh rumah Anda 
  • Kamar Tidur harus diisolasi untuk mengurangi kebisingan dan meningkatkan privasi 
  • Tempatkan mesin cuci dan pengering di lantai yang sama dengan kamar tidur 
  • Pastikan semua pintu, lorong dan tangga yang cukup lebar untuk memindahkan furnitur 
  • Pastikan bahwa lampu ditempatkan tepat untuk arus lalu lintas dan mudah ditempatkan 


6. Rencana Ekspansi 

Jika Anda tidak mampu untuk membangun rumah idaman anda seluruhnya sekarang, rencanakanlah desain rumah anda sehingga ekspansi mungkin dilakukan suatu saat nanti, cara untuk melakukannya adalah untuk membangun rumah Anda secara bertahap. Misalnya, membangun rumah utama anda terlebih dahulu, tambahkan garasi yang terpisah Anda dalam beberapa tahun dan akhirnya, menyelesaikan ruang anda itu. Pilih prioritas dalam pembangunan rumah anda. 

 7. Gambar Desain Interior Rumah Anda

Ketika menyusun rencana lantai, tempat mebel dalam desain untuk melihat bagaimana semuanya cocok. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kertas grafik, kliping majalah atau dengan menggunakan software desain rumah. Juga, pertimbangkan pilihan skema pencahayaan, cat, lantai, dan sebagainya. 

8. Jangan Lupakan Matahari 

Posisi matahari dapat mempengaruhi desain rumah anda, tergantung pada arah wajah rumah anda. Sebuah rumah menghadap ke selatan akan lebih hangat di musim dingin, tapi lebih panas di musim panas. Tempatkan jendela untuk mengambil keuntungan dari cahaya alami, yang memungkinkan untuk konservasi energi yang lebih baik. Dan jika Anda sangat menikmati matahari terbit atau matahari terbenam, maka tempat desain ke sisi timur atau barat rumah anda menjadi penting. 

9. Mempercantik Semua Sisi Desain Rumah Anda

Ingatlah bahwa penempatan jendela mempengaruhi tampilan dalam dan luar rumah Anda. Apakah Anda tinggal di sudut atau di tengah blok, sisi rumah anda akan terlihat. Desainlah tampilan rumah anda sehingga anda akan bangga untuk membiarkan orang berjalan di sekitarnya, meletakkan elemen desain kecil di sana-sini dan lain-lain.

Sumber : inspirasirumah.blogdetik.com

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi


Terima kasih telah membaca artikel tentang Tips Cerdas Membuat Rumah Idaman Anda di blog Bangun Renovasi Rumah Cheria jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Artikel Terpopuler