Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Jasa Tukang Bangun Rumah

Jasa Tukang Bangun Rumah

Jasa Tukang Bangun Rumah, Tukang Bangun Rumah,

 Jasa Tukang Bangun Rumah

Tenaga kerja bangunan atau tukang bangunan merupakan bagian penting dalam proyek bangun-membangun atau merenovasi bangunan. Dalam hal membangun rumah, tukang bangunan ini biasa disebut dengan tukang bangun rumah. Jangan salah, meski seringkali terlihat kotor dan lusuh, keberadaan tukang bangunan rumah sangat dibutuhkan. Seberapa pentingkah keberadaannya? Ya, sepenting kebutuhan rumah itu sendiri.
 
Jasa Tukang Bangun Rumah, Tukang Bangun Rumah,
Membangun rumah atau merenovasi rumah merupakan kegiatan yang saling terkait antara satu bagian dengan bagian lainnya. Adapula pengaturan waktu antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya. Jika tidak berjalan dengan baik, kegiatan membangun atau merenovasi rumah bisa menjadi berantakan. Rumah tidak selesai dalam waktu yang sudah ditentukan atau pembengkakan biaya karena adanya kesalahan bisa saja terjadi jika pembangunan rumah tidak terorganisasi dengan baik.

Nah, sedikit berbicara tentang jasa tukang bangun rumah, ada beberapa hal yang menarik dan perlu kita ketahui. Ternyata, kerja tukang bangunan dalam membangun rumah tidak hanya urusan gali-menggali dan angkut bata saja, tetapi lebih dari itu. Adapun pembagian tukang bangun rumah didasarkan pada dua hal, yaitu berdasarkan keahliannya dan posisi kerjanya.

Tukang bangun rumah berdasarkan keahliannya
Berdasarkan keahliannya, tukang bangun rumah dibagi menjadi beberapa bagian. Mereka bekerja sesuai keahliannya masing-masing. Adapun beberapa keahlian tukang bangun rumah yang biasa dibutuhkan antara lain sebagai berikut:
 
•    Tukang batu, memiliki keahlian dalam menyusun bangunan dan pengecoran.
•    Tukang besi, memiliki keahlian dalam pemasangan tulang bangunan.
•    Tukang kayu, memiliki keahlian dalam bidang perkayuan.
•    Tukang listrik, memiliki keahlian dalam instalasi listrik.
•    Tukang las, yang ahli dalam pengelasan, serta tukang lainnya.
 
Jenis tukang bangun rumah di atas bisa berkembang jenisnya, tergantung dari kebutuhan sebuah rumah yang akan dibangun.

Tukang bangun rumah berdasarkan posisi kerjanya
Berdasarkan posisi kerjanya, tukang bangun rumah memiliki tingkatannya masing-masing. Setiap tingkatan akan bertanggung jawab pada tingkat di atasnya. Pembedaan tingkatan ini bukan diartikan sebagai pembedaan kekuasaan dan perintah, tetapi berdasarkan keahliannya.

Dalam membangun rumah, tenaga kerja bangunan—jika tidak mau disebut dengan tukang bangunan secara keseluruhan—di antaranya arsitek, mandor, tukang, kenek, atau dengan istilah dan penyebutan lainnya. Tukang bangun rumah tersebut, mulai dari tenaga ahli/profesional hingga tenaga kasar, saling bersinergi untuk membangun rumah yang sesuai dengan keinginan pemilik, baik dari sisi keindahan, kekuatan, ketepatan waktu, dan ketepatan anggaran dana.

Arsitek, “tukang bangun rumah” dengan keahlian khusus
Berbicara tentang arsitek memang tidak lepas dari seni membangun rumah. Tak heran jika seorang arsitek memiliki kemampuan dalam hal membuat gambar ilustrasi rumah. Bahkan tidak hanya sekadar menggambar, seorang arsitek juga mampu menuangkan keinginan sang pemilik dalam bentuk sebuah gambar.
Jasa Tukang Bangun Rumah, Tukang Bangun Rumah,
 
 

Diawali dengan pola sketsa, gambar selanjutnya dihaluskan dalam bentuk tiga dimensi dan dipercantik dengan pewarnaan. Bermain dengan garis lurus dan lengkung adalah “mainan” tukang bangun rumah yang satu ini. Arsitek menuangkan ide dalam dunia imajinasi ke dalam bentuk visual yang bisa dinikmati langsung oleh pihak lain. Selanjutnya, arsitek akan berhubungan dengan tukang bangun rumah lainnya di lapangan. Dengan beberapa arahan, tugas membangun rumah pun berpindah tangan ke tukang bangun rumah selanjutnya. 

Mandor, tukang bangun rumah pengawas proyek
Proyek pembangunan rumah sudah berpindah tangan. Kini, tugas mandor untuk mengelola dan mengawasi jalannya pembangunan rumah, mulai dari pembuatan pondasi hingga polesan terakhir pada rumah yang telah berdiri.
 
Selain berkompeten dalam hal konstruksi, mandor juga harus memiliki keahlian dalam mengelola sumber daya tukang yang ada dalam pengawasannya. Jika tugas mandor berjalan dengan baik, rumah bisa berdiri sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Seorang mandor harus mampu memberikan dukungan kepada tukang bangun rumah yang ada dalam pengawasannya untuk bekerja dengan baik sesuai keahliannya masing-masing.
Tukang, kunci sukses pembangunan rumah
 
Meskipun semua tukang bangun rumah menjadi penentu kesuksesan berdirinya sebuah rumah, tetapi kehadiran tukang menjadi kunci sukses pembangunan rumah.
Tukang memiliki keahliannya masing-masing. Ada yang ahli di bidang pengecoran dan penyusunan material bangunan, ahli besi, ahli las, dan lain-lain. Mutu bangunan sangat tergantung pada hasil kinerja tukang. 
 
Kenek, asisten tukang bangun rumah berjasa
Sepintas, kedudukan kenek memang berada di urutan terbawah. Kerjanya lebih keras, upahnya pun lebih murah. Wajar karena tugas kenek cukup mengandalkan tenaga saja. Namun, keberadaan kenek sangat berperan terhadap kecepatan pembangunan sebuah rumah. Bayangkan jika tukang bekerja sendiri. Berapa lama waktu yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah rumah.

Itulah sekilas mengenai jasa tukang bangun rumah. Hasil kerja yang baik, rapi, dan tepat waktu tentunya membutuhkan jasa tukang bangun rumah yang terampil, jeli, dan berpengalaman. Tak kalah pentingnya adalah tanggung jawab dari setiap tukang bangun rumah untuk mewujudkan rumah idaman pemiliknya.


Nah, bagi anda yang membutuhkan jasa bikin rumah minimalis, anda dapat menghubungi arsitek - anda yang terpercaya


 

Jasa Tukang Bangun Rumah

Terima kasih telah membaca artikel tentang Jasa Tukang Bangun Rumah di blog Bangun Renovasi Rumah Cheria jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Artikel Terpopuler