Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Tips Renovasi Rumah Dua Lantai

Tips Renovasi Rumah Dua Lantai

renovasi rumah dua lantai, renovasi rumah, tukang renovasi rumah, bangun rumah dua lantai, rumah dua lantai,

Tips Renovasi Rumah Dua Lantai

Renovasi rumah dua lantai merupakan upaya untuk memperbaiki rumah yang memiliki dua lantai atau rumah tingkat dua. Prinsip dari renovasi rumah adalah membongkar bangunan sehemat mungkin dan memanfaatkan sebagian bangunan yang telah berdiri. Hal ini juga berlaku pada renovasi rumah dua lantai. Oleh sebab itu, sebelum merenovasi, pilih dan pilah bangunan mana saja yang akan di bongkar.

Prinsip kehati-hatian sangat penting untuk diperhatikan. Dengan begitu, bangunan yang saling berhubungan tidak lantas rusak saat pembongkaran. Perlu dijaga agar bangunan yang tidak perlu direnovasi ikut terbongkar karena salah perhitungan.

Bangunan utama dalam sebuah rumah tidak masuk dalam kategori bagian bangunan yang perlu diubah. Bangunan utama yang dimaksud yaitu pondasi dan dinding rumah. Untuk mengatasi dinding yang kurang tinggi bisa dilakukan dengan menambahkan bata dan diplester, jadi tidak harus dengan membongkar semua dinding.

Untuk mengatasi kurang kuatnya dinding bisa digunakan sabuk beton. Caranya dengan membuat tulangan beton dari pondasi sampai ke atas hingga setinggi dinding. Tulangan ini berfungsi sebagai tempat pegangan dinding agar kedudukannya lebih kuat.

renovasi rumah dua lantai, renovasi rumah, tukang renovasi rumah, bangun rumah dua lantai, rumah dua lantai,


Dalam membangun renovasi rumah dua lantai, tidak semua bagian bangunan dihancurkan. Masalah kurang luasnya salah satu ruangan tidak harus diatasi dengan membongkar keseluruhan ruangan tersebut. Jika ruangan di sebelahnya bisa dikurangi untuk memperluas ruangan sebelahnya maka yang perlu dibongkar cukup dinding pemisah antara ruang yang akan diperluas dan ruang yang akan dipersempit.

Untuk menghemat anggaran, saat merenovasi lantai 1, hal yang penting untuk dilakukan yaitu membuat daftar kebutuhan renovasi pada lantai tersebut. Sebagai contoh, jika keadaan kamar mandi masih bagus dan tidak layak untuk di bongkar maka perlu dipertahankan. Hal ini disebabkan renovasi kamar mandi membutuhkan dana tidak sedikit.

Formasi lantai 2 tetap mengikuti pola lantai di bawahnya atau lantai 1.
Dalam merenovasi rumah tingkat dua, tidak hanya kekuatan yang menjadi prioritas. Namun, perhatikan masalah eksestikanya. Jangan lupa pula memperhatikan sistem pencahayaan dan udara yang masuk keluar di dalam rumah.

Bagian muka rumah harus direnovasi sesuai dengan tema yang diusung. Jika mengusung tema minimalis, bentuk muka yang ditonjolkan disesuaikan dengan ciri khas renovasi rumah dua lantai. Sebagai contoh dengan membuat membuat garis-garis vertikal maupun horizontal yang tegas. Ciri khas minimalis di muka rumah bis dipertegas dengan pembuatan atap carport berbentuk dak yang datar atau tidak miring. Selain itu berikan warna putih atau merah pada tiang carport akan memberikan kesan yang modern.

Secara ringkas, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membangun renovasi rumah dua lantai bisa ditampilkan sebagai berikut.

Renovasi rumah dua lantai #1. Pahami struktur bangunan


renovasi rumah dua lantai, renovasi rumah, tukang renovasi rumah, bangun rumah dua lantai, rumah dua lantai,


Dalam membuat perencanaan desain renovasi rumah, pastikan terlebih dahulu struktur bangunan saat ini. Perlu diingat, pada rumah dua lantai terdapat hubungan antara lantai 1 dan lantai 2. Dengan memahami struktur bangunan lama, rencana renovasi bisa dituangkan detil dalam rencana desain.

Pemahaman struktur bangunan lama juga mempermudah proses pembongkaran. Bagian mana yang perlu dibongkar dan bagian mana yang terlebih dulu direnovasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya terjadi keruntuhan bangunan pada saat pekerja membongkar ruangan di lantai bawah.

Renovasi rumah dua lantai #2. Pahami kebutuhan ruang 

Penambahan ruangan haruslah melihat struktur bangunan itu sendiri, baik dari sisi kekuatan, bentuk, maupun tata letaknya. Dengan melihat sebab-sebab itu menjadikan kita akan berfikir matang dalam merenovasi rumah dua lantai. Dengan begitu, rencana yang tersusun benar-benar memperhitungkan keadaan rumah, baik sebelum maupun sesudah renovasi.

Renovasi rumah dua lantai #3. Pahami fasad rumah
Rumah yang aman secara struktural juga perlu mempertimbangkan estetika atau keindahan. Inilah yang dimaksud dengan fasad. Keindahan dalam rumah berlantai dua penting untuk diperhatikan, begitu pula dengan kenyamanannya. Bahkan kenyamanan tinggal di dalamnya merupakan prioritas yang utama. Bayangkan jika renovasi mewah yang dilakukan justru tidak membuat penghuninya merasa nyaman. Tentunya renovasi justru menurunkan nilai kepuasan.

Renovasi rumah dua lantai #4. Pahami kebutuhan anggaran renovasi

renovasi rumah dua lantai, renovasi rumah, tukang renovasi rumah, bangun rumah dua lantai, rumah dua lantai,

Budget atau anggaran renovasi rumah tergantung dari seberapa banyak dan besar tingkat renovasi rumah yang dilakukan. Semakin sedikit bagian yang harus direnovasi serta semakin murah dan efisien material yang digunakan tentunya akan mengurangi anggaran yang harus dikeluarkan. Oleh sebab itu, rencana anggaran mutlak dilakukan.

dan semakin ekonomis bahan-bahan yang ekonomis tentunya akan memberikan budget yang tidak banyak. Maka dari itu perencanaan yang baik dalam hal keunggan sangatlah mutlak jika akan merenovasi rumah. untuk dihindari renovasi yang asal-asalan. Hal ini akan memberikan biaya yang membengkak. Kita tahu sendiri rumah itu saling berhubungan. Jika tidak ada rencana yang baik dapat merusak bangunan yang tidak masuk dalam daftar renovasi rumah 2 dua lantai.

Nah, demikian gambaran Renovasi Rumah Dua Lantai. Bagi Anda yang ingin merenovasi rumah dua lantai, jangan ragu, segera hubungi Arsitek Anda. Selamat merenovasi rumah!

Tips Renovasi Rumah Dua Lantai

Terima kasih telah membaca artikel tentang Tips Renovasi Rumah Dua Lantai di blog Bangun Renovasi Rumah Cheria jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Artikel Terpopuler