Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Merancang Desain Rumah Baru

Merancang Desain Rumah Baru

desain rumah baru

Merancang Desain Rumah Baru

Merancang desain rumah baru termasuk langkah awal dalam membangun rumah baru. Bahkan, sebelum membuat desain rumah itu sendiri. Maksud rumah baru di sini bukan berarti rumah yang baru dibeli, tetapi rumah yang benar-benar baru akan dibangun. Tentunya, mendesain rumah baru berbeda dengan mendesain rumah lama untuk tujuan renovasi. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rumah baru yang akan dibangun menjadi hunian yang nyaman bagi pemiliknya.

Rumah adalah tempat hunian yang penting bagi setiap orang. Dibangunnya sebuah rumah diharapkan dapat menjadi tempat beristirahat, berteduh, dan melegakan penghuninya. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan desain rumah baru yang sesuai dengan selera penghuninya. 

desain rumah baru
Dalam  mendesain rumah baru, diperlukan rancangan terlebih dahulu, mulai dari persiapan dasar, lahan, gambar denah, pondasi, dinding, sampai siku-siku dan genteng yang akan dipilih. Desain rumah baru yang akan dibangun tentu mempengaruhi besar-kecilnya dana yang harus disiapkan.

desain rumah baru

Mendesain rumah baru mencakup bentuk, warna, dan model. Tentunya, setiap orang mempunyai kecenderungan yang berbeda-beda terhadap cakupan tersebut. Muncullah desain rumah yang terus berkembang di dalam masyarakat. Nah, dari beragam bentuk desain rumah tersebut, kita bisa membayangkan bentuk rumah idaman yang akan dibangun. Di sinilah peran penting desain rumah baru.

Banyaknya harapan-harapan terhadap penampilan rumah yang nyaman mendorong para pemiliknya untuk mencoba menuangkan desainnya dalam sebuah gambar. Namun, desain rumah yang bagus pada akhirnya diserahkan pada arsitek yang memang ahli dalam pebuatan detilnya. Tak hanya itu, jasa  arsitek meliputi perencanaan bentuk rumah hingga biaya yang akan dikeluarkan.

Banyak faktor yang mempengaruhi desain rumah baru yang diharapkan oleh seseorang. Faktor tersebut antara lain budaya masyarakat sekitar, kondisi lingkungan, agama, dan—tentunya—ekonomi. Berikut beberapa desain rumah baru yang bisa menjadi inspirasi untuk mendesain rumah baru Anda.

Desain rumah minimalis

desain rumah baru

desain rumah baru

Model ini terkesan simpel atau sederhana dan masih menjadi primadona dalam rujukan membuat desain rumah. Model rumah ini disebut rumah minimalis karena bangunan rumah tersebut dibangun di atas tanah atau lahan yang minimal. Meskipun begitu, rumah minimalis didesain tanpa mengurangi ruang gerak dan fungsi ruangan di dalam rumah. 

Dalam desain rumah baru yang minimalis, terdapat desain khusus dengan mengurangi penggunaan furnitur dan perabotan yang berlebihan. Model desain rumah minimalis meminimalkan ornamen, profil, dan relief. Dengan begitu, penggunaan lahan benar-benar bisa dioptimalkan. Interior dan eksterior rumah minimalis juga didesain khusus, dengan memaksimalkan cahaya masuk dan sirkulasi udara di dalam ruangan.

Desain rumah cluster

desain rumah baru

desain rumah baru

Desain rumah ini disebut desain rumah cluster. Bangunan rumah ini merupakan kumpulan bangunan tanpa pagar di perumahan. Jika Anda menjumpai perumahan yang berjejer dengan pagar depan rumah yang terbuka, itulah rumah cluster. Dalam perumahan cluster, terdapat satu gerbang keluar-masuk yang dijaga satpam. Itulah yang menyebabkan rumah cluster tidak memiliki pagar depan. Namun kebanyakan di Indoenasia, rumah cluster juga diberi pagar dengan bentuk dan ukuran yang beraneka rupa. 

Model rumah cluster bagus digunakan untuk membangun rumah keluarga besar di tanah milik yang luas. Hal ini disebabkan ola interaksi penghuni rumah cluster yang sebaiknya saling mengenal dan tolong-menolong dalam hal keamanan dan interaksi sosial lainnya. Sikap individualistis antar pemilik rumah akan memunculkan sekat dan pagar yang begitu runyam dan membuat pemandangan tidak sedap.

Desain rumah tradisional atau rumah tropis

desain rumah baru


desain rumah baru
Rumah tradisional yang banyak ditemukan di wilayah Indonesia adalah berupa rumah tropis. Desain rumah tropis yang benar sudah pasti selaras dengan alam. Bangunan ini ditandai dengan penggunaan bahan-bahan alami serta pemanfaatan potensi alam yang melimpah. Umumnya, rumah ini didesain dengan pencahayaan dan penghawaan yang alami. Pengaturan ruang-ruang yang bersifat terbuka menciptakan ventilasi silang, serta adanya pengunaan bahan-bahan alami yang ada di alam. Pengunaan warna-warna natural lebih dominan. Ciri khas lain yaitu adanya bentuk-bentuk geometris serta garis desain yang simpel dan tidak banyak desain. 

Selain itu, desain rumah tropis sering memanfaatkan pintu dan jendela berkisi. Fungsi dari jendela ini efektif menangkis panasnya sinar matahari, tanpa harus mengorbankan sirkulasi udara. Langit-langit rumah tropis biasanya dibuat setinggi mungkin. Hal ini dimaksudkan agar aliran udara tersirkulasi dengan baik. Bila kita ingin mempunyai rumah, kita tidak hanya ingin yang bagus dalam fisiknya, tetapi juga nyaman untuk ditempati. 

Agar sirkulasi udara di dalam ruang maksimal, desain pada rumah tropis sering meniadakan ruang di bawah atap. Plafon dibuat menerus dan menempel langsung di bawah atap seperti rumah pada jaman dulu. Kosep rumah tropis akan semakin lengkap dengan dibuatnya taman bergaya tropis dengan pilihan tanaman tropis yang mudah dirawat.

Dalam membuat desain rumah yang unik dan menarik, banyak hal yang bisa dijadikan inspirasi. Di Indonesia sendiri, terdapat beraneka budaya yang memiliki perbedaan bahasa, adat, maupun bentuk rumah. Di samping itu, perlu juga memperhatikan kebutuhan keluarga terhadap fungsi ruang. Nah bagi Anda yang membutuhkan jasa tukang bangun rumah yang sesuai dengan perencanaan membangun rumah idaman anda, segera hubungi segera arsitek - anda.


Merancang Desain Rumah Baru

Terima kasih telah membaca artikel tentang Merancang Desain Rumah Baru di blog Bangun Renovasi Rumah Cheria jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Artikel Terpopuler