Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Panduan Ringkas Membangun Rumah Murah

Panduan Ringkas Membangun Rumah Murah

Membangun Rumah Murah,

Panduan Ringkas Membangun Rumah Murah

Membangun rumah murah memang tidak memakan banyak biaya. Tak heran jika banyak orang yang ingin membangun rumah murah. Memang, sejak zaman purba, manusia tidak bisa lepas dari kebutuhan terhadap tempat tinggal. Bahkan, rumah di zaman sekarang tidak hanya sebagai tempat berteduh, tetapi lebih dari itu. Jadi jangan heran jika harga rumah semakin tinggi karena banyak faktor yang menyebabkan harganya semakin melambung tinggi. 

Tingginya harga rumah membuat sebagian masyarakat takut untuk membangunnya, terlebih lagi bagi mereka yang mempunyai dana terbatas. Oleh sebab itu, membangun rumah murah adalah solusi jitu. 

Saat ini, banyak produk hasil kemajuan teknologi yang menjadi alternatif untuk menciptakan rumah yang efisien dalam hal pendanaan, tanpa mengurangi kualitas rumah. Sebagai contoh, penggunaan bata merah dapat diganti dengan batako, kaso atau reng dapat diganti dengan baja ringan, dan sebagainya.

Menetapkan anggaran membangun rumah murah

membangun rumah murah

Sebelum membangun rumah, hal penting yang perlu diperhatikan adalah membuat rencana anggaran. Anggaran tersebut meliputi jasa desain seperti gambar denah, gambar tampak, sampai gambar alat sanitair. Selain itu, terdapat anggaran untuk material pembangunan, peralatan pembangunan, biaya surat izin bangunan ke pemerintahan setempat, upah pekerja, instalasi listrik, dan masih banyak anggaran lainnya. Dengan segudang macam pembiayaan tersebut, manajemen efisiensi sangat diperlukan agar tujuan membangun rumah murah bisa tercapai.

Membuat desain yang tepat untuk membangun rumah murah

Membangun Rumah Murah

Sebelum memulai tahapan membangun rumah, pastikan bahwa desain gambar rumah sudah benar. Hal ini bertujuan agar saat pembangunan berjalan tidak terjadi perubahan akibat kesalahan di awal rencana. Dengan demikian, anggaran dana yang membengkak karena perubahan rencana bisa diminimalisasi.

Mencari arsitek yang ahli, murah, dan berpengalaman membangun rumah murah 

Membangun Rumah Murah
Membangun rumah baru tidak semudah yang kita bayangkan, apalagi bagi mereka yang tidak memiliki keahlian dasar tukang bangunan. Dalam membangun rumah terdapat beberapa kegiatan yang membutuhkan keahlian khusus. Jangan sampai karena ingin murah, kita membangun sendiri tanpa dasar keahlian. Kejadiannya, biaya membangun rumah murah justru membengkak karena kelebihan bahan atau banyak terjadi kesalahan. Untuk itu, dibutuhkan jasa arsitek dan tukang bangun rumah lainnya yang sudah ahli dan berpengalaman. 

Terkait dengan anggaran yang ada, sebaiknya kita berterus terang tentang kondisi ‘isi dompet’. Dengan begitu, arsitek akan memperkirakan bangunan rumah murah seperti apa yang cocok dengan anggaran tersebut. Jika tidak berterus terang, khawatirnya biaya akan jauh membengkak karena arsitek tentunya akan membuat rumah yang sebaik mungkin.

Memilih material bangunan untuk membangun rumah murah  

Membangun Rumah Murah

Salah satu cara agar bisa membangun rumah murah adalah mengandalkan pos bahan material bangunan. Membangun rumah baru akan banyak pembelian bahan material mulai dari pondasi sampek selesai menjadi rumah. Dengan adanya pembelian yang banyak. Kita bisa bekerjasama dengan salah satu toko bangunan, yang mana semua perlengkapan membangun rumah akan di suplay dari toko tersebut. Dengan adanya itu. Kita bisa meminta potongan ataupun diskon. Walaupun 5%-10% itu akan terasa bila membeli dalam partai yang banyak. 

Dalam proses pembangunan pondasi, pilih teknik pembuatan yang cepat selesai dan efisien. Contohnya dalam pembuatan pondasi antara, pondasi batu kali, dan pondasi cakar ayam. Di masyarakat, pondasi setapak dikenal dengan istilah pondasi cakar ayam. Dari ketiganya, pembuatan pondasi cakar ayam lebih cepat dan bahan pembuatannya lebih ekonomis. Umumnya, pondasi cakar ayam memerlukan galian tanah yang tidak terlalu dalam, dibandingkan pondasi batu kali. Semakin cepat pengerjaan akan mengurangi ongkos harian tukang.

Dalam pembuatan dinding, pilih bahan-bahan yang murah dan ekonomis, misalnya batako. Dari jenis-jenis batako yang murah dan ekonomis terdapat batako tras dan batako PC. Batako tras terbuat dari tanah tras dan batu kapur, sedangkan batako PC terbuat dari pasir dan semen. Dari kedua jenis batako tersebut, batako PC menjadi pilihan yang ideal. 

Semakin langkanya kayu yang berkualitas ditambah mahalnya harga kayu untuk bahan pembuatan kuda-kuda memunculkan beberapa alternatif pilihan, diantaranya dengan mengunakan sopi-sopi dan baja ringan. Sopi-sopi adalah pasangan bata (baik mengunakan bata merah, batako tras, maupun batako PC) berbentuk segitiga. Kuda-kuda ini memiliki keuntungan yaitu biaya relatif murah, memudahkan pembuatan plafon eskspos, serta bebas rayap dan api. 

Genteng rumah bisa mengunakan genteng. Genteng plentong atau kodok adalah jenis genteng yang paling murah. Bahkan, dengan diglazur permukaannya membuat genteng ini terlihat eksklusif dan banyak diminati. Sebagai polesan terakhir, kita dapat memilih cat, keramik, gagang pintu, jendela, lampu, pitingan, meja kamar, atau punm eja kerja sesuai dengan isi kantong. Sebaiknya pilih yang murah, tetapi tidak murahan atau kualitas menengah dan tidak cepat rusak.

Menyiasati pengadaan material untuk membangun rumah murah

Membangun Rumah Murah

Dalam membangun rumah dengan harga yang murah. Ambilah harga yang terbaik dan pas di kantong. Meskipun bukan berarti mengambil harga yang murah dan tidak berkualitas. Harga terbaik berarti keseluruhan biaya pembangunan yang dikeluarkan. 

Dalam hal bahan material, terdapat beberapa jenis bahan yang bisa disiasati pengadaannya, misalnya batako PC. Dengan bantuan tukang batako, kita bisa mengadakan sendiri batako PC dengan menyediakan materialnya. Kuncinya adalah pengadaan dalam jumlah besar. Semakin banyak batako yang diperlukan akan menyedot banyak bahan material seperti pasir dan semen. Dengan semakin banyaknya material yang dibeli, kita bisa melakukan penawaran sehingga secara keseluruhan biaya pengadaan batako menjadi lebih murah.

Nah, demikianlah artikel Panduan Ringkas Membangun Rumah Murah. Bagi anda yang hendak membangun rumah minimalis sesuai dengan rumah idaman yang anda impi-impikan, namun tidak memiliki waktu untuk menangani sendiri pembangunan rumah murah Anda, segera hubungi arsitek - anda. Selamat membangun!


Panduan Ringkas Membangun Rumah Murah

Terima kasih telah membaca artikel tentang Panduan Ringkas Membangun Rumah Murah di blog Bangun Renovasi Rumah Cheria jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Artikel Terpopuler