Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Rumah Indonesia

Rumah Indonesia

Saya ingin bertanya, kira-kira dari semua style Arsitektur yang ada dan berkembang saat ini di Indonesia, gaya arsitektur bangunan seperti apa yang dapat cocok diterapkan pada kondisi iklim dinegri ini? Saya melihat hampir semua pemukiman didominasi dengan gaya minimalis yang katanya modern dan mengikuti perkembangan zaman.

Lalu bagaimana dengan style bangunan lain seperti klasik, tropis, kolonial dll, apakah akan hilang? Bagaimana jika bangunan-bangunan dengan gaya tersebut ingin dilestarikan? Terima kasih atas jawabannya.


Menurut saya rumah yang paling sesuai dengan iklim kita adalah rumah dengan gaya tropis. Sementara rumah dengan model lainnya itu hanyalah tren semata. Mulai dari minimalis, mediterania atau kolonial, atau nanti kelak akan menjangkit pula gaya deconstruction. Saya tidak tahu. Namanya juga tren.

Frank O. Gehry yang yahudi menjadi tokoh dari gaya deconstruction itu. Ia rela bercerai dengan isterinya. Sebagian sumber mengatakan karena rancangan rumah tinggalnya pun menjadi kelinci percobaan. Jendela dapurnya miring. Temboknya juga miring. Pokoknya gaya ini sangat menentang dari gaya aritektur yang umum. Namun cukup di terima di dunia barat sana.

Prinsip saya, bangunan itu harus mampu beradaptasi dengan iklim. Itu yang paling utama. Jadi kalau ada rumah bagus tapi sering bocor dan gonta-ganti cat karena lapuk, itu bukan rumah bagus namanya. Rumah nyusahin.

Namun saya sebagai arsitek tidak membatasi klien. Yang saya bangun juga ada rumah minimalis atau rumah mediterania yang berbau impor. Karena prinsip saya adalah menjelaskan segenap konsekwensinya. Semua dampak poritif dan negatif dalan disain selalu saya tampilkan. Agar penilaiannya obyektif.

Prinsip saya pula, yang punya uang adalah yang punya rumah. Dia berhak penuh untuk mewujudkan impiannya. Mungkin agak berbeda dengan arsitek lain. Namun saya nyaman dengan prinsip ini. Karena saya hanyalah kepanjangan tangan tuan rumah. Dan saya tidak mau egois. Jadi, menurut saya karya arsitektur yang baik adalah hasil kerja sama dari semua pihak. Mulai dari owner, tukang, arsitek hingga kenek sekalipun.

Dengan prinsip ini saya merasa lebih tawadhu. Saya tidak menyalahkan pandangan lain. Hanya dengan inilah saya berusaha mendekatkan diri pada Allah. Mungkin orang lain caranya beda. Dan tentu ada perbedaan. Karena manusia diciptkan beragam.

Inilah yang membuat gaya arsitektur beragam pula. Dan menurut saya model minimalis atau apapun pasti akan timbul tenggelam. karena tren. Bisa jadi suatu masa akan hilang namun di masa lain akan tampil. Contoh, gaya kolonial belanda yang kental dengan pet beton, kini mulai banyak tampil. Rumah jengki yang dulu dibilang kuno, kini mulai diutak-atik lagi disainnya.

Silahkan saja kita melestarikannya. Saya setuju itu. Karena karya arsitektur adalah saksi bisu sejarah. Yang hari ini sering diabaikan. Dan harus ada arsitek muslim yang mau berbuat untuk itu. Karena Romo Mangun yang pendeta sekaligus arsitek saja mau turun terjun langsung membina kali code di Jogja.

Saat ini saya berada di Solo. Sedang mengantar anak untuk mondok di Pesantren Gontor. Saya saksikan di sini banyak karya arsitektur yang justru sebenarnya bisa menjadi aset pariwisata justru terbengkalai.

Tidak perlu jauh-jauh, keluarga isteri saya yang berasal dari Prabudiningratan - Keraton Solo - banyak tugas yang harus kami selesaikan. Mulai dari menjaga rumah leluhur di Baluarti, merawat masjid dan lain sebagainya. Yang menyedihkan malahan logo keraton yang di pajang di pintu masuk gerbang halaman di curi orang.

Jadi, tugas kita selaku arsitek muslim masih banyak terbentang. Mulai dari melayani klien kita di negri tropis ini hingga melestarikan budaya, sampai berdakwah dengan ilmu yang kita miliki.

Nah, cukup demikian nampaknya perjumpaan kita. Saya masih harus keliling kota Solo untuk hunting asesoris motor tua yang saya pakai. Karena besok sudah pulang kembali ke Jakarta.

Terima kasih emailnya Pak Yudhi. Silahkan kontak langsung ke email pribadi saya. Dan untuk netters eramuslim.com semoga anda semua tetap dalam limpahan rizki Allah yang penuh keberkahan, halal dan thoyib.

Ir. Andan Nadriasta Eramuslim



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi
Terima kasih telah membaca artikel tentang Rumah Indonesia di blog Bangun Renovasi Rumah Cheria jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Artikel Terpopuler