Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Arsitek-arsitek UI Ditantang Wapres Ciptakan Arsitektur Berciri Khas Indonesia

Arsitek-arsitek UI Ditantang Wapres Ciptakan Arsitektur Berciri Khas Indonesia


Arsitek-arsitek UI Ditantang Wapres Ciptakan Arsitektur Berciri Khas Indonesia

Artikel Arsitek Universitas Indonesia (UI)

JAKARTA, RABU - Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, Rabu (19/3) malam, menantang para arsitek Universitas Indonesia (UI) untuk menciptakan bangunan yang berciri Indonesia. Bangunan tersebut bukan sekadar bercirikan kedaerahan seperti yang sering dlihat di bandar-bandar udara di daerah, akan tetapi bangunan yang bercirikan identitas dan keragaman budaya Indonesia.

Bahkan, menurut Wapres Kalla, saat memberikan sambutan di acara pembukaan Pameran Arsitektur 4 D atau 4 Dekade di Galeri Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, arsitek UI juga ditantang membangun bangunan dengan masalah utama yang kini dihadapi Indonesia, yaitu terbatasnya lahan tanah untuk bangunan, mahalnya energi akibat kenaikan harga minyak dunia, juga lingkungan dan aspek sosial yang muncul di sekitarnya.

"Itulah tantangan arsitek Indonesia, khususnya para insinyur alumnus Universitas Indonesia atau UI menghadapai kondisi masyarakat yang sekarang ini. Kalau sekadar membuat bangunan mewah dan modern, dengan keindahan dan serba menggunakan air condititon (AC) dan dengan harga yang sangat mahal Rp 10 juta per meter persegi, semua orang bisa. Akan tetapi, bagaimana membangun sebuah bangunan dengan kemutlakan yang dihadapi sekarang ini, seperti terbatasnya lahan, mahalnya energi, dengan biaya yang murah dan terjangkau masyarakat, itulah yang harus dihadapi," tandas Kalla.

Menurut Wapres, ia akan hadir lagi dalam pameran arsitektur Universitas Indonesia atau UI jika para arsiteknya bisa memenuhi tantangannya tersebut. "Terutama, membangun rumah susun yang menjulang ke atas, dengan ukuran Rp 2,5 juta per meter persegi bagi rakyat menengah ke bawah, itulah tantangan keahlian arsitektur," tambah Wapres. Wapres kemudian meminta Menteri Negara Perumahan Rakyat Yusuf As'yari untuk melibatkan rekan-rekan di Universitas Indonesia atau UI menciptakan bangunan berciri Indonesia tersebut.

"Kalau perlu buka sayembara untuk bisa menarik dan menciptakan bangunan berciri seperti itu, yang pada akhirnya bisa mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia untuk tinggal di rumah susun," lanjut Kalla. Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo pun juga diminta berkonsultasi dengan para arsitek di UI untuk membangun rusun yang kini tengah digalakkan pemerintah dengan ciri-ciri Indonesia tadi, memanfaatkan terbatasnya lahan, mahalnya energi, harganya terjangkau, sesuai dengan lingkungan dan bisa memenuhi aspek-aspek sosial lingkungan sekitarnya. Pameran karya arsitektur dari sekitar 67 arsitek Universitas Indonesia atau UI itu direncanakan berlangsung selama 10 hari hingga 29 Maret mendatang.

Sumber : cyberforums.us



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi
Terima kasih telah membaca artikel tentang Arsitek-arsitek UI Ditantang Wapres Ciptakan Arsitektur Berciri Khas Indonesia di blog Bangun Renovasi Rumah Cheria jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Artikel Terpopuler