Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Tips Anggaran Renovasi Rumah

Renovasi Rumah sering menjadi opsi pemilik rumah dalam menyikapi kebutuhan ruang dalam rumah tinggal, misalnya menambah kamar tidur, membuat tempat jemuran, membuat garasi dan terkadang merubah tampak/fasad rumah. Kebutuhan renovasi rumahpun sering dipicu oleh alokasi dana, sehingga rumah direncanakan dengan konsep rumah tumbuh, akhirnya renovasi pun sulit dihindari. 

Anggaran Renovasi Rumah

Namun tahukah Anda bahwa terkadang anggaran renovasi rumah adalah lebih mahal dari membangun rumah dari awal?Kenapa bisa begitu?Logika sederhananya adalah adanya tambahan biaya berupa pekerjaan bongkaran dan perbaikan didalamnya?Contoh, bila kita ingin menambah tingkat rumah kita, maka pekerjaan bongkaran lantai tidak bisa dihindari, karena kita harus menggali pondasi telapak/setempat.Tidak hanya itu saja lantai bongkaran harus kita kembalikan ke posisi semula atau malah diganti dan dirubah yang berarti ada biaya pekerjaan lantai yang harus kita anggarkan, ini belum termasuk biaya pembongkaran plafond, bongkaran instalasi listrik, mungkin juga instalasi air. Rumit bukan? Intinya pekerjaan renovasi memerlukan ketelitian dalam merencanakan anggarannya, terkait dengan pekerjaan apa saja yang akan dilakoni dalam renovasi tersebut. 

Tips singkat untuk Anda yang ingin membuat anggaran renovasi rumah
Tentukan dengan jelas apa yang akan direnovasi dan rincian pekerjaan yang pasti terjadi akibat renovasi yang akan kita kerjakan, misal kita bermaksud menambah jemuran di atas dapur, maka kita harus membuat rincian pekerjaan dengan sangat detail dan teliti, contoh : 
  • Bongkar keramik lantai 
  • Gali pondasi setempat 
  • Membuat pondasi setempat 
  • Mengurug tanah kembali setelah pondasi selesai 
  • Bongkar plafond+instalasi listrik yang ada 
Semua item pekerjaan ini sudah harus kita pikirkan sedetil-detilnya, yang nantinya setiap item tersebut berimbas pada munculnya harga satuan pekerjaan dan akhirnya harga total sebuah pekerjaan renovasi.

Selanjutnya, kita juga harus fokus rencana awal renovasi, jangan menambahkan pekerjaan-pekerjaan renovasi lainnya. Ini untuk menjamin anggaran kita tidak kacau dan jadi over 

Dengan membuat uraian pekerjaan yang tepat, bisa mengurangi kemungkinan membengkaknya anggaran renovasi.

Sumber : terasrumah.blogspot.com

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tips Anggaran Renovasi Rumah di blog Bangun Renovasi Rumah Cheria jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Artikel Terpopuler