Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Denah Rumah Minimalis 2011

Saat ini, denah rumah minimalis begitu diminati. Kok bisa? Bisa, sebab rumah minimalis adalah sebuah gaya arsitektur bangunan yang tengah menjadi tren di kalangan masyarakat . Bahkan, tren itu menjamur hingga memasuki daerah-daerah. Rata-rata permukiman modern baik di kota ataupun di daerah menggunakan denah rumah minimalis

Denah Rumah Minimalis 2011

Sebenarnya denah rumah minimalis tidak dikhususkan bagi pemilik tanah yang minimalis, dalam artian ukuran tanahnya kecil. Rumah minimalis adalah sebuah karya arsitektur bangunan. Ia hanyalah salah satu model alternatif pembangunan rumah, merupakan salah satu dari sekian pilihan sebagai akibat budaya. Budaya?

Ya, budaya masyarakat tercipta akibat pola pikir, bekerja, cara hidup yang serba praktis, ringan, efisien, dan sederhana, kokoh, dan tidak terlalu dipenuhi dengan perabotan yang banyak. Prinsipnya, denah rumah minimalis dibuat sesederhana mungkin tanpa mengecualikan kualitas. 

Denah rumah minimalis yang terlalu sederhana tanpa mengindahkan kualitas akan cenderung membosankan. Untuk itu, sangat diperlukan pemahaman mengenai pengembangan dasar rumah minimalis dalam konteks budaya masyarakat urban kita. 

Bentuk Denah Rumah Minimalis 
Pertanyaannya kemudian, apakah bentuk minimalis selalu kotak sederhana atau ada bentuk lain? Bentuk rumah minimalis tidak selalu harus kotak sederhana, ia dapat berbentuk platonik geometri. Jika memang rumah itu ingin dibentuk kotak saja, maka bentuk itu dibuat berdasar pada kebutuhan fungsi penghuninya.

Anda, yang memiliki tanah yang tidak cukup luas, bisa memilih denah rumah minimalis yang sederhana dan multifungsi. Memang, harga tanah sendiri memiliki kenaikan yang cukup signifikan per tahunnya. 

Tips Membuat Denah Rumah Minimalis: 
  • Anda harus memperhitungkan kebutuhan ruang bagi keluarga Anda. Misalnya, Anda cukup memerlukan satu kamar mandi saja atau dengan sibuknya aktifitas keluarga di pagi hari, Anda merasa harus memiliki dua kamar mandi. Ketepatan memerhitungkan kebutuhan ruang akan menyisakan ruang yang lain yang bisa Anda gunakan dengan lebih maksimal di atas tanah Anda yang barangkali termasuk berukuran kecil. Selain itu, pemborosan pembagian ruang juga akan mempengaruhi harga tenaga dan material yang harus Anda keluarkan. 
  • Jangan lupa membuat saluran air dan sirkulasi udara rumah Anda dengan baik. Anda bisa membangunnya mengikuti denah rumah yang Anda buat. 
  • Jika ada sisa tanah, walau sedikit, usahakan untuk memperindah rumah Anda dengan taman kecil. Rumah minimalis, karena bentuknya yang biasanya didominasi oleh garis-garis, cenderung nampak kaku. Anda bisa membuatnya terasa lebih dinamis dengan adanya tanaman-tanaman hidup di taman Anda. 
  • Pakailah jasa konsultan perumahan atau arsitek untuk membuatkan denah rumah minimalis yang benar-benar Anda inginkan sebab perhitungan para ahli dalam membuat denah rumah yang sesuai dengan kebutuhan kita biasanya lebih tepat. Anda bisa menekan pemborosan ruang semaksimal mungkin.
Sumber : anneahira.com

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Terima kasih telah membaca artikel tentang Denah Rumah Minimalis 2011 di blog Bangun Renovasi Rumah Cheria jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Artikel Terpopuler