Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Denah Rumah Tinggal Yang Nyaman

Denah rumah tinggal merupakan sebuah gambaran atau peta ruangan dan yang ada di dalam sebuah rumah maupun luar rumah . Ruangan yang ada di dalam rumah meliputi ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, ruang makan, dapur, kamar mandi, dsb. Sementara itu, ruangan yang ada di luar rumah misalnya saja area taman, garasi, kolam renang, kolam ikan, dan lain-lain tergantung pemilik rumah dalam mendesain rumah.
Fungsi dari denah rumah tinggal adalah untuk mengetahui jumlah dan macam ruangan yang ada di dalam maupun luar rumah beserta posisinya. Tidak seperti di tempat umum, biasanya denah rumah tidak dipasang di bangunan rumah yang telah jadi. Denah rumah tinggal lebih digunakan sebelum proses pembangunan sebagai alat untuk mendeskripsikan ide tata letak ruang beserta ukurannya. 

Umumnya, denah rumah tinggal menggunakan sudut pandang dari atas sehingga terlihat keseluruhan ruangan yang ada. Ini akan mempermudah pembaca dalam mempelajari denah. Dalam sebuah denah rumah tinggal, penting untuk membayangkan kesesuian denah rumah dengan kenyataan. Terkadang, sebuah denah rumah tinggal kurang memperhatikan kebutuhan penghuni rumah. Hal yang sering terabaikan tersebut adalah privasi dan keamanan. 

Kadangkala, beberapa denah rumah tinggal membuat privasi penghuni rumah terabaikan. Contohnya adalah penataan letak ruang tamu yang juga menempatkan pintu kamar tidur di area yang sama. Hal ini akan membuat penghuni rumah merasa terganggu berada dalam kamar tidur ketika ada tamu yang sedang berkunjung. Perbincangan tamu yang dilakukan di ruang tamu bisa membuat penghuni yang ada di dalam kamar tidur merasa terganggu terlebih jika sedang ingin beristirahat. Selain itu, penghuni yang ada di kamar menjadi merasa sungkan untuk keluar masuk kamar karena harus melewati tamu. 

Oleh karena itu, ketika ingin membuat atau menggunakan denah rumah tinggal, kita harus benar-benar menelitinya. Periksalah apakah denah tersebut sudah dianggap mampu memberikan rasa nyaman dan aman atau belum. Maka dari itu, kita perlu banyak mencari referensi denah rumah tinggal yang banyak agar pengetahuan kita akan denah rumah semakin banyak. Jika sudah demikian, maka kita akan lebih mudah mengkritisi kekurangan pada setiap denah rumah yang ada.

Sumber : denah-rumah.com

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Terima kasih telah membaca artikel tentang Denah Rumah Tinggal Yang Nyaman di blog Bangun Renovasi Rumah Cheria jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Artikel Terpopuler